Tugas Visual art _ kel.lady romance
Iklan: WMF Knife
Deskripsi: Di iklan ini terdapat background seperti taplak meja berwarna putih keabuan, talenan kayu berwarna coklat, dan sebuah wortel . Di bagian bawah kanan iklan terdapat gambar pisau dan simbol serta tulisan dengan font “Times New Roman”.
Analisa: Iklan ini memakai kain berwarna putih keabuan karena iklan ini ingin menampilkan sebuah iklan yang simple dan minimalis. Font “Times New Roman” pada iklan ini berarti menggambarkan sebuah ketegasan dan ketajaman. Papan dan wortel keduanya telah terpotong menjadi potongan-potongan yang lebih kecil. Ini berarti iklan tersebut melambangkan pisau dari company mereka sangatlah tajam, bisa mengiris sayuran dan bahkan talenannya yang terbuat dari kayu ikut terpotong karena ketajaman mata pisau. Iklan yang ditampilkan cukup simple, tetapi penuh makna, unik, dan kreatif. Iklan ini kurang efektif karena tidak ada body copy yang mendukung iklan tersebut, sehingga target pasar awalnya bingung, sebenarnya iklan yang disampaikan itu adalah produk apa.
Deskripsi: Di iklan ini terdapat background kotak-kotak berwarna gelap seperti berada di toilet. Di sini juga ada bayi yang sedang memakai busa untuk mencukur dan memegang alat cukur serta siap untuk mencukup bagian bawah dari dagunya. Pada bagian bawah iklan terdapat sebuah kalimat dengan font “Narkisim”.
Analisa: Iklan ini seakan sedang berada di toilet karena biasanya mencukur dilakukan di toilet. Maksud dari iklan ini adalah produk yang mereka pasarkan keamanannya terjamin dan mudah untuk digunakan. Iklan ini memakai objek bayi karena sehabis memakai cukuran ini, kulit laki-laki akan sehalus dan bisa sebersih kulit bayi.
Iklan ini cukup unik dan menarik karena mereka memakai bayi sebagai objek iklan pisau cukur tersebut. Iklan ini efektif karena orang-orang yang melihat iklan tersebut dapat langsung mengerti apa produk dan maksud dari iklan tersebut. Didukung pula oleh tulisan yang cukup besar dan mudah dibaca.
Iklan : Dettol
Deskripsi: Di iklan ini memilik background warna putih. Terdapat satu pasang tangan yang dibentuk sedemikian rupa sehingga bayangan yang di hasilkan menyerupai dudukan toilet. Di bagian kanan bawah terdapat tulisan dengan font “Freestyle Script” dan ada botol sabun dettol.
Analisa: Kenapa iklan tersbut memakai background warna putih? Karena putih melambangkan kebersihan dan melambangkan kesan steril. Iklan ini memakai tangan sebagai objek karena dettol ingin mempromosikan sabun pembersih untuk tangan. Iklan tersebut digunakan font “Freestyle Script” karena Iklan ini juga menampilkan bayangan yang menyerupai dudukan toilet karena terkadang sehabis dari toilet, orang-orang hanya mencuci tangan dengan air saja atau bahkan tidak mencuci tangan. Padahal, banyak sekali kuman dan bakteri yang ada di toilet. Jadi, maksud dari iklan ini adalah jika sehabis menggunakan toilet, kita harus mencuci tangan dengan sabun.
Di sini dettol ingin memberitahu masyarakat bahwa cuci tangan menggunakan dettol langsung dapat menghilangkan bakteri dan kuman yang berada di tangan sehabis dari toilet.Iklan ini efektif, karena iklan ini simple dan fun sehingga target pasar akan mudah mengerti apa yang sebenarnya di maksudkan.
Iklan: Heinz Hot Ketchup
Analisa: Kenapa iklan ini tidak memakai warna merah seperti cabai tetapi malah memakai warna pink soft atau putih kemerahan? Karena jika iklan ini memakai warna merah, logo dan background akan beradu sehingga tidak menarik untuk di lihat. Warna pink soft atau putih kemerahan dipakai karena pink masih memiliki unsur merah di dalamnya. Iklan ini memakai kentang goreng sebagai objek karena biasanya kentang identik dengan saus. Maksud iklan ini adalah bahwa saus tersebut sangatlah pedas, terlihat dari kentang goreng yang gosong bahkan sampai berasap karena menggunakan saus tersebut.
Iklan ini sangat kreatif, unik, simple, dan mudah di mengerti. Iklan ini sangat efektif karena memainkan psikologis konsumen yaitu dengan menampilkan kentang goreng yang biasanya disukai oleh banyak orang dan sangat nikmat jika di damping dengan saus.
Iklan : Glasser (pembersih kaca)
Deskripsi : latar iklan ini berwarna putih. Di iklan ada aquarium dan ikan kecil yang menggunakan helm. Di bagian bawah aquarium ada batu hias aquarium dan di bagian bawah kanan iklan ini ada gambar produk glasser.
Analisa : latar putih menggambarkan kebersihan yang tercipta setelah menggunakan produk tersebut. Ikan di dalam aquarium menggunakan helm karena sangat bersihnya aquarium tersebut ikan sehingga membuat ikan sering terbentur jadi ikan tersebut menggunakan helm untuk menghindari benturan.
Iklan ini sangat simple, kreatif dan menarik. Iklan ini efektif karena dengan mudah dimengerti oleh konsumen. Bahwa glasser ini mampu membersihkan kaca sangat bersih. Kurangnya iklan ini tidak memiliki tagline atau bodycopy.
Iklan : pencalonan anggota DPR-RI
Deskripsi : Iklan ini bertemakan superman. Iklan ini berlatar belakang putih dan kuning di bagian kirinya. Superman yang wajahnya diganti dengan wajah kandidat, serta warna jubahnya diubah menjadi hijau sesuai dengan warna lambing partai dan loga di dada sesuai nomor urut sang calon. Dibagian kiri terdapat nomor urut kandidat dengan contreng merah. Memiliki tagline dibagian kiri atas. Serta nama dan keterangan kandidat dibagian kiri bawah dengan ( font “ Arial” ).
Analisis : latar belakang putih dengan awan-awan dibelakang karena tema iklan ini adalah superman. Sera warna Putih pun melambangkan kesucian dan kejujuran. Warna kuning di bagian samping iklan melambangkan perubahan yang akan terjadi bila memilihnya. Serta tema superman yang diambil iklan ini menunjukkan kandidat bisa menolong masyarakat. Tulisan nama dan keterangan kandidat di tulis dengan arial karena menyimpulkan ketegasan dan keyakinan kandidat. Logo didada menunjukkan nomor urut kandidat. Conreng merah dibagian kiri meyakini masyarakat untuk memilih kandidat. iklan ini cukup membaur terhadap masyarakat menengah ke bawah. tetapi Iklan ini sedikit berlebihan dan cenderung memaksakan.
Iklan : MASP Art School
Deskripsi : Mungkin tidak semua orang kenal dengan Van Gogh. Tetapi bagi seseorang yang memiliki hobi dibidang seni melukis, pasti akan mengenal tokoh pelukis tersebut. Oleh sebab itu, aktor iklan yang dipilih adalah pelukis terkenal Van Gogh, karena target market atau target iklan yang dituju adalah orang-orang yang ingin melanjutkan pendidikannya dibidang seni melukis.
Analisis : Iklan tersebut seakan berbicara bahwa pelukis terkenal tersebut telah di bedah secara tuntas oleh MASP Art School. Segala teknik melukis tokoh tersebut dapat kita pelajari di MASP Art School. Tidak ada rahasia lagi dalam melukis, kita dapat menjadi pelukis yang tidak kalah hebatnya dengan Van Gogh. Makna lain dari iklan tersebut adalah pelukis lulusan MASP Art School adalah lulusan-lulusan yang intelektual, tidak seperti seniman pada umumnya yang tidak terlalu memikirkan tampilan luar dirinya. Digambarkan dalam iklan tersebut, seniman juga intelektual dan berpenampilan baik, terlihat smart dan terpercaya.
Iklan ini sangat kreatif, simple, tidak sulit untuk dimengerti, dan praktis. Akan efektif untuk orang-orang yang mengenal Van Gogh. Tetapi akan sangat tidak efektif untuk orang-orang yang tidak mengenal ketiga tokoh tersebut. Tetapi sangat jelas target marketnya adalah seniman-seniman muda, jadi tidak masalah.
Iklan : TIKI
Deskripsi :Menggambarkan suasana hutan rimba yang ditengahnya terdapat wajah seorang pria dengan ekspresi kaget. Pria tersebut terlihat sedang menyamar agar terlihat menyatu dengan hutan dan sedang memegang sebuah senapan laras panjang. Pada bagian ujung kanan bawah terdapat dua tangan yang sedang memegang paket TIKI. Tertulis di paket itu “Aru-U- Papua” nomor resi pengiriman dan tanggal pengiriman. Di bagian kanan paling bawah ada tertulis “Indonesia’s No.1 Delivery Service TIKI” dengan font Calibri. Iklan tersebut dominan dengan warna hijau, sehingga paket tiki dibagian kanan bawah sangat terlihat mencolok. Sedangkan untuk ekspresi wajah pria kaget ditengah hutan menjadi suatu teka-teki tersendiri bagi yang melihat iklan tersebut.
Analisis : Wajah kaget ditengah hutan belantara, tersisip diujung bawah ada paket tiki. Terdapat tulisan di paket TIKI, Ari. U-Papua. Bagaimana, sudah mengerti maksud iklan tersebut? Mudah saja untuk dimengerti, maksud dari iklan ini adalah Jasa pengiriman TIKI dapat mengirimkan benda kiriman anda kemana saja, hingga ke hutan-hutan belantara pun bisa dijangkau oleh TIKI. Dicermati lebih dalam, wajah pria kaget tersebut sedang memegang pistol. Iklan ekspedisi TIKI mengisyaratkan paket yang diantar akan sampai ke tujuan ke mana pun berada, termasuk kepada tentara yang sedang berperang. Maksud dari iklan tersebut sangat jelas dan mudah ditangkap, tetappi kelemahannya adalah pada gambar tentara. Karena warna yang hampir senada, lebih dominan hijau tua, sehingga keberadaan pistol tidak terlalu terlihat. Jika iklan ini dilihat sekilas, mungkin hanya akan terlihat wajah di dedaunan.
Deskripsi : Mungkin tidak semua orang kenal dengan Van Gogh. Tetapi bagi seseorang yang memiliki hobi dibidang seni melukis, pasti akan mengenal tokoh pelukis tersebut. Oleh sebab itu, aktor iklan yang dipilih adalah pelukis terkenal Van Gogh, karena target market atau target iklan yang dituju adalah orang-orang yang ingin melanjutkan pendidikannya dibidang seni melukis.
Analisis : Iklan tersebut seakan berbicara bahwa pelukis terkenal tersebut telah di bedah secara tuntas oleh MASP Art School. Segala teknik melukis tokoh tersebut dapat kita pelajari di MASP Art School. Tidak ada rahasia lagi dalam melukis, kita dapat menjadi pelukis yang tidak kalah hebatnya dengan Van Gogh. Makna lain dari iklan tersebut adalah pelukis lulusan MASP Art School adalah lulusan-lulusan yang intelektual, tidak seperti seniman pada umumnya yang tidak terlalu memikirkan tampilan luar dirinya. Digambarkan dalam iklan tersebut, seniman juga intelektual dan berpenampilan baik, terlihat smart dan terpercaya.
Iklan ini sangat kreatif, simple, tidak sulit untuk dimengerti, dan praktis. Akan efektif untuk orang-orang yang mengenal Van Gogh. Tetapi akan sangat tidak efektif untuk orang-orang yang tidak mengenal ketiga tokoh tersebut. Tetapi sangat jelas target marketnya adalah seniman-seniman muda, jadi tidak masalah.
Disusun
Oleh :
Noppy
Angreani (915140153)
Ravi (915140173)
Levita
Tiara (915140182)
No comments:
Post a Comment